Tim SAR Temukan Pendaki yang Hilang di Argopuro



VIVAnews - Kelompok Pramuka SMA Negeri I Kakongan, Situbondo, Jawa Timur yang dilaporkan hilang di Gunung Argopuro, Jawa Timur telah ditemukan Senin 25 Mei 2009 pukul 23.00 malam. Sampai pagi ini, tim masih mengevakuasi para pendaki yang terdiri dari 22 siswa, satu guru, dan satu pemandu.

Proses evakuasi berjalan lamban, sebab para murid dalam keadaan lemas dan kelaparan, hampir tak sanggup menuruni gunung. Sebanyak delapan siswi bahkan mengalami luka karena digigit lintah.

Menurut salah satu siswa, Abdul Haris, rombongan Pramuka naik ke puncak Gunung Argopuro melewati Desa Baderan, Situbondo, pada Sabtu 23 Mei 2009. Sampai di Desa Cikasur, rombongan kehilangan arah. "Cuaca berkabut, kami terpencar menjadi empat kelompok," kata dia ketika ditemui di lokasi evaluasi, Selasa 26 Mei 2009 pagi.

Untunglah, tim SAR yang mencari mereka dari empat arah, Jember, Probolinggo, Lumajang, dan Situbondo malam tadi menemukan mereka. Pendakian yang direncanakan berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu, molor. "Kami kehabisan bekal dan kelaparan selama dua hari," tambah dia.

Pemandu tim, Atiqurahman lantas menjelaskan dari empat tim yang berpencar di Desa Cikasur, hanya tiga tim yang tersesat karena salah jalan. "Rombongan kami tidak tersesat," tambah dia.

Gunung Argopuro adalah bagian dari pegunungan Iyang yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 3088 meter. Gunung ini memiliki 12 puncak. Normalnya pendakian di Argopuro makan waktu dua sampai tiga hari.

Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis. Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Welirang dan ditandai dengan sebuah tugu.

Gunung argopuro merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Bekas kawahnya kadang mengeluarkan bau belerang. Selain pemandangan yang indah, reruntuhan bangunan pada masa lampau, diperkirakan jaman Majapahit bisa ditemukan di gunung tersebut.

Oleh : Elin Yunita Kristanti

sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/60714-tim_temukan_pendaki_yang_hilang_di_argopuro

No comments :

Post a Comment