Gunung Sinabung Kembali Meletus, Warga Panik


KARO - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi membuat warga panik dan langsung mengungsi ke posko dan gereja. Kepanikan berlangsung dari pukul 17.00 hingga 19.00 WIB, Selasa (28/4/2015).

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, mengatakan, pengungsi yang sebagian besar warga lanjut usia mengungsi ke Desa Perbaji dan ke jambur (balai pertemuan khas Karo) di Desa Ujung Payung.

"Sempat terjadi kepanikan saat erupsi terjadi. Pengungsi sebagian besar orangtua (lanjut usia) langsung mengungsi ke tempat yang sudah disediakan Pemkab Karo," Jelas Terkelin.

Menurutnya, pengungsi Gunung Sinabung juga sempat membangun rumah-rumah kecil di jalanan untuk mengungsi. Namun kondisi terkini, warga sudah tidak panik dan sudah kembali ke lokasi semula.
"Warga sudah tidak panik, dan warga kembali ke tempat yang aman. Tidak ada korban jiwa hanya ada beberapa yang kelelahan akibat panik," ujarnya.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), semburan awan panas Gunung Sinabung terjadi berkali-kali mulai pukul 17.02 WIB hingga 18:20 WIB.

“Jarak luncur awan panas sejauh 3-4,5 Km ke arah selatan dan tinggi kolom abu vulkanik 2 Km dari puncak Gunung Sinabung,” ujar Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, Surono.


oleh : Erie Prasetyo

sumber : http://news.okezone.com/read/2015/04/29/340/1141605/gunung-sinabung-kembali-meletus-warga-panik

No comments :

Post a Comment