Gempa Nepal, 100 Jasad Ditemukan di Jalur Pendakian Populer


Rimanews - Polisi Nepal dan sukarelawan setempat menemukan sekitar 100 jasad pendaki dan penduduk desa, yang terkubur longsoran salju akibat gempa bulan lalu. Mereka terus menggali salju dan es untuk mencari kemungkinan korban lain.

Jasad ditemukan pada Sabtu (02/05/2015) dan Minggu di desa Langtang, 60 kilometer utara Kathmandu, jalur pendakian terkenal. Seluruh desa itu, termasuk 55 penginapan pendaki, tersapu longsoran salju, kata pejabat.

"Para sukarelawan setempat dan personel polisi menggali salju hingga kedalaman 6 kaki dengan sekop mencari jasad yang mungkin masih ditemukan," kata Gautam Rimal, asisten ketua pejabat distrik di kawasan itu tempat Langtang berlokasi, Senin.
Mereka yang meninggal termasuk sedikitnya tujuh warga asing, tetapi hanya dua orang yang teridentifikasi, tambahnya.

Belum jelas berapa banyak orang yang berada di Langtang pada waktu longsor. Namun pejabat-pejabat lain menyatakan sekitar 120 orang lagi terkubur di bawah salju.
"Kami tidak dapat mencapai kawasan itu pada awalnya karena hujan dan berawan," kata Uddhav Bhattarai, birokrat senior distrik itu, yang berbicara melalui telepon, Minggu.
Gempa bumi pada 25 April telah membunuh 7.276 orang dan mencederai lebih 14.300 orang, kata pemerintah Nepal.

Di bagian-bagian lain negara di pegunungan Himalaya itu, tiga orang dikeluarkan dari reruntuhan rumah mereka dalam keadaan hidup pada Minggu, delapan hari setelah gempa. Sementara beberapa media melaporkan bahwa seorang pria yang berusia 101 tahun ditemukan masih hidup dari reruntuhan pada Sabtu.


sumber : http://internasional.rimanews.com/asia/read/20150504/210893/Gempa-Nepal-100-Jasad-Ditemukan-di-Jalur-Pendakian-Populer

No comments :

Post a Comment