(TUGAS) Fitur pada antar muka telematika


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI






TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA

PEMBUATAN MODEL SMS GATEWAY
UNTUK PENYEBARAN DAN PENGOLAHAN REQUEST INFORMASI
CIVITAS AKADEMIKA POLITEKNIK TELKOM


Di Susun Oleh :


DEDE ANGGRIAWAN
MARIYANTO
RAMZI WAHID








Abstrak



Didalam era informasi sekarang, penyampaian informasi kampus tidak selalu harus berupa spanduk ataupun brosur yang ditempatkan di tempat strategis di sekitar kampus. Sms merupakan suatu media yang di era sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi mahasiswa. Melalui kultur inilah, penulis ingin memanfaatkan media tersebut sebagai sarana tambahan untuk menyebarkan informasi kepada mahasiswa.Pemberitahuan informasi berupa akademik atau non akademik bisa di sebarkan melalui sms gateway yang bisa di akses oleh setiap unit. Penelitian ini akan memfokuskan model pembuatan sms gateway Politeknik Telkom baik untuk sms broadcast ataupun request. Hasil perancangan dari penelitian ini bisa di manfaatkan untuk diimplementasikan lebih lanjut.

Kata kunci: informasi, sms gateway, mahasiswa, filterisasi

















Pendahuluan


Teknologi informasi yang sudah berkembang memberikan trend penyebaran informasi bukan hanya memakai media spanduk maupun brosur, tetapi melalui media sms. Hal ini dikarenakan telepon genggam sudah merupakan kebutuhan primer dan selalu melekat kemanapun pemiliknya pergi. Sehingga dengan dasar ini, penulis mencoba mengimplementasikan aplikasi sms gateway sebagai sarana penyebaran informasi ke mahasiswa dengan tujuan utama adalah tersampaikannya informasi informasi dari kampus langsung kepada mahasiswa.

Informasi informasi yang bisa di sebarkan ke mahasiswa pun bisa beragam. Ragam informasi yang disebarkan bisa dikategorikan berdasarkan unit pengirimnya , kategori informasi yang di kirimkan maupun filter penerimanya.

Setiap unit mungkin membutuhkan penyebaran informasi tidak untuk seluruh mahasiwa, tetapi hanya yang mempunyai criteria tertentu, misalkan unit kemahasiwaan akan memanggil mahasiswa angkatan 2007 yang aktif saja untuk di seleksi guna mendapatkan beasiswa. SMS Gateway bisa menjadi solusi atas masalah tersebut jika di gabungkan dengan database kampus.

Perancangan antar muka dan desain format data pada sms request merupakan langkah pertama sebelum diimplementasikan diPoliteknik Telkom.

























Landasan Teori


2.1    SMS Gateway

SMS Gateway di artikan sebagai adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode [1].

Pada prinsipnya, SMS Gateway adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan bantuan komputer dan memanfaatkan teknologi seluler yang diintegrasikan guna mendistribusikan pesan-pesan yang di-generate lewat sistem informasi melalui media SMS yang di-handle oleh jaringan seluler [2].

Fitur-fitur standar SMS Gateway, yaitu komunikasi SMS interaktif dua arah, SMS info on demand, SMS service settings, SMS Automatic Registration, polling SMS, pengiriman SMS Broadcast, pengiriman SMS ke Call Group, pengiriman SMS terjadwal, personalisasi SMS, antarmuka aplikasi berbasis web, buku alamat dan call group, manajemen pengguna, sistem security access, serta sistem parameter. [2]

SMS Gateway ini memanfaatkan modem untuk server pengiriman sms. SMS memanfaatkan jaringan operator seluler untuk pengiriman sms, service gammu sebagai software sms gateway, dan database mysql yang di integrasikan dengan database kampus.


2.2. Gammu
Gammu adalah suatu modul/servis yang bertugas untuk mengirim dan menerima sms. Gammu menyediakan interface pengiriman ataupun penerimaan sms dari operator seluler ke DBMS seperti mysql.

Dengan terintegrasinya sms incoming ataupun outgoing ke database server kampus, memdudahkan pengambilan informasi dan pemasukan data dari database server lewat sms. Dengan memasukkan pesan dan nomor tujuan kedalam tabel outbox, maka otomatis gammu akan mengirimkan sms berisi pesan ke nomor tujuan sesuai dengan di tabel.

Kemudahan yang lain adalah mengolah sms incoming dari operator. Pengolahan sms ini dengan cara membuat suatu trigger yang ditempelkan di tabel inbox. Misalkan untuk mengolah data request nilai dengan format seperti ini IPK 30198739. Maka trigger yang dibuat di tabel inbox bisa dilihat seperti berikut

CREATE TRIGGER af_insert_gammu
AFTER INSERT ON inbox
FOR EACH ROW BEGIN
 DECLARE smsmasuk varchar(200);
 DECLARE format,teks,vnim,no_pengirim varchar(200);

 set smsz= trim(new.TextDecoded);
 set no_pengirim=new.SenderNumber;

 select substring_index(smsz,' ',1) into format;

 if(upper(format) = 'IPK') THEN
   select substring_index(smsz,' ',-1) into vnim;
               
   SELECT CONCAT('IPK u/ NIM  ',vnim,' =',ipk,' dgn jml sks = ',jml_sks) INTO teks FROM hasil_ip_mahasiswa                              
   WHERE nim = vnim;

 else

   SET teks := 'Format tidak di ketahui';

 END IF;

INSERT INTO outbox(DestinationNumber, TextDecoded) VALUES (no_pengirim, teks);

END ;
   
Dari source di atas, terlihat bahwa pengolahan data request untuk sms, cukup hanya dengan mengolah data yang masuk ke tabel inbox dari database gammu.





















PEMBAHASAN


Rencana Kebutuhan Sistem dan Perkiraan Trafik Terpadat

Perencaan kebutuhan sistem diawali dengan terlebih dahulu membagi menjadi 2 kebutuhan sms, yaitu kebutuhan sms untuk informasi request, dan kebutuhan sms untuk informasi broadcast.

Kebutuhan umum sistem untuk sms broadast adalah seperti berikut :
·      Sistem dapat menyebarkan informasi kepada seluruh mahasiswa yang dapat di pilih Angkatan, Program Studi, maupun statusnya (apakah aktif, do, cuti dsb).
·      Sistem dapat menyebarkan informasi baik dengan isi pesan yang berbeda / unik untuk setiap civitas akademika ataupun dengan isi pesan yang sama.  
·      Sistem mempunyai antar muka yang mudah digunakan oleh user yang awam.
·      Sistem terintegrasi dengan sistem informasi akademik yang sudah ada sebelumnya.

Sedangkan kebutuhan umum sistem untuk sms request adalah seperti berikut :
·      Sistem dapat menjawab kebutuhan request informasi akademik dari civitas akademika.
·      Sistem mempunyai kemampuan untuk mengauthentikasi sms dari civitas akademika. Sehingga informasi hanya dapat di akses oleh civitas akademika yang berhak.
·      Sistem terintegrasi dengan adanya event / pemicu dari database akademik Politeknik Telkom.

Diperkirakan trafik terpadat dari sms mahasiswa terjadi pada masa masa pergantian semester. Hal ini dikarenakan adanya proses her registrasi (dimana setiap transaksi pembayaran mahasiswa yang berhasil akan memicu sms gateway untuk membroadcast sms konfirmasi pembayaran yang sudah diterima oleh institusi kepada mahasiswa yang bersangkutan, begitu juga dengan proses perwalian yang menggunakan proses broadcast sms untuk membrodcast baik kepada mahasiswa ataupun wali).  Proses ini secara pasti akan membutuhkan pengiriman sms minimal sebanyak rata rata jumlah mahasiswa aktif per semester di politeknik Telkom, yaitu sekitar 2664 mahasiswa. Selain pengiriman konfirmasi mahasiswa tersebut, sebanyak 70%nya akan memicu pengiriman sms ke wali bahwa perwaliannya sudah siap untuk di acc oleh wali. Sedangkan 30%nya tidak perlu di acc wali dikarenakan semester 1 dan 2 masih paket dan tidak boleh mengambil matakuliah diatasnya. Dari 70% mahasiswa tersebut 50%nya melakukan prs, sehingga akan memicu pengiriman sms broadcast lagi baik terhadap wali ataupun terhadap mahasiswa [3].

Selain proses her registrasi diatas, dimungkinkan untuk mengirim sms broadcast secara massal ketika ada event , semisal adanya pelatihan, adanya pelaksanaan ujian remidi, karir job, dsb. Sehingga dapat di pastikan frekuensi pengiriman sms gateway ini akan sangat dibutuhkan oleh setiap unit untuk membroadcast informasi yang perlu di sampaikan kepada seluruh civitas akademika dengan mudah, murah dan cepat.





Pemodelan Antarmuka dan Sistem SMS Broadcast dan SMS Request

Untuk memenuhi kebutuhan sistem SMS Broadcast maupun Request yang akan dibangun, maka terlebih dahulu dirancang sebuah pemodelan data/informasi yang bisa diperoleh dari basis data akademik mahasiswa Politeknik Telkom.

Pemodelan Data untuk sms broadcast ataupun request dapat di lihat di di gambar 2 di bawah. Di pemodelan tersebut dapat dilihat bahwa data/ informasi yang bisa didapatkan terkait proses akademik mahasiswa adalah absensi, status her registrasi (meliputi status pembayaran dan status perwalian), nilai (meliputi nilai aktif di semester berjalan, nilai akhir pada akhir semester, ipk dan ips mahasiswa).

Description: http://2.bp.blogspot.com/-zJPFd8j9Ups/UnCTxIWWGVI/AAAAAAAABLM/1d-77JuohXs/s1600/w.jpg

Gambar 2. Bagan Model Data Dari Mahasiswa

Dari model diatas, dapat di rancang sebuah antar muka untuk sms broadcast ke mahasiswa sebagai berikut
Description: http://2.bp.blogspot.com/-jtFmn1NrapM/UnCTxAWfyZI/AAAAAAAABLE/nBh4id58G4M/s1600/e.jpg

Gambar 3. Perancangan Antar muka SMS Broadcast
Model antar muka diatas dapat dijelaskan sebagai berikut, Checkbox angkatan digunakan untuk memfilter angkatan yang mau di broadcast sms. Filter yang sama berlaku untuk program studi dan status mahasiswa.

Selain menggunakan fitur pengiriman sms broadcast diatas, pengiriman sms broadcastdiintegrasikan dengan menu approval keuangan, menu perwalian. Ketika mahasiswa sudah diproses keuangannya, maka sistem akan mengirim sms broadcast kepada mahasiswa yang sudah diproses oleh bagian keuangan secara otomatis. Begitu juga ketika perwalian, jika mahasiswa sudah melakukan input matakuliah dan mengklik siap acc wali, maka secara otomatis sistem akan mengirim sms broadcast kepada wali yang bersangkutan, begitu juga ketika wali sudah meng-acc matakuliah yang telah diinputkan, maka sistem akan membroadcast sms secara otomatis kepada mahasiswa yang bersangkutan, menginformasikan bahwa proses perwalian sudah selesai.

Sisipan didalam antar muka diatas dimaksudkan untuk menyisipkan sesuatu ke dalam pesan yang diambil dari basis data. Misalkan jika diingikan pesan yang dikirim seperti ini “NIM 30109102 a.n JONI SUHENDRO, anda diharapkan untuk mencetak dan mengumpulkan transkip nilai paling lambat hari Jumat Tgl 18”, maka pengguna tingall klik dibagian check boxsisipan dan klik masukkan, atau memasukkan karakter #nim dan #nama di pesan diatas sehingga pesan yang di masukkan menjadi seperti berikut “NIM #nim a.n #nama, anda diharapkan untuk mencetak dan mengumpulkan transkip nilai paling lambat hari Jumat Tgl 18”. Lalu pilih filter dan klik Kirim.    
Untuk SMS request, yang pertama kita perlukan adala menentukan format request dan format jawabannya, yang dapat dilihat sebagai berikut
·         Absensi
Format dan Jawaban SMS:
·    ABSEN                :
“Kehadiran u/ nim 3019102 BC 162 30%, IS 143 80%, BC 012 80%, ..”
·    ABSEN PASS :
#“Absensi Seluruh Kuliah u/ nim 3019102 2010-2011 Genap >= 80%”

#“Absensi kurang 80% u/ nim 3019102 2010-2011 Genap : BC 162 30%, IS 143 20%”
·         Her Reg
·    STATUS BAYAR :
#“Pembayaran 2010/2011 Genap u/ NIM 30109102 a.n JONI SUHENDRO sudah diproses bag Keuangan Politeknik Telkom”

#”Pembayaran 2010/2011 Genap u/ NIM 30109102 a.n JONI SUHENDRO belum diproses bag Keuangan Politeknik Telkom”

·    STATUS WALI     :
#“Status Perwalian 2010/2011 Genap adlh Belum Approve Wali”

#“Status Perwalian 2010/2011 Genap adlh Sudah Approve Wali”

·         Nilai
·    NILAI SEMENTARA :
“Nilai indeks u/nim 3019102 2010/2011 Genap : BC 162 D,BC 172 A, ..”

·    NILAI UAS    :
#“Nilai uas u/ nim 30109102 2010/2011 Genap : BC 162 80, CE 173 75,…”

#“Nilai uas u/ nim 30109102 2010/2011 Genap Belum Keluar”

·    NILAI REMIDI :
#“Nilai remidi u/nim 3019102 2010/2011 Genap : BC 162 D, BC 172 D,..”

#“Nilai remidi u/nim 3019102 2010/2011 Genap : Belum keluar”

·    STATUS NILAI :
#”Status indeks u/nim 3019102 2010/2011 Genap : BC 162 2,BC 172 1, ..”
(0 = Belum approve dosen, belum approve prodi)
(1 = Sudah approve dosen, belum approve prodi)
(2 = Sudah approve dosen dan prodi)

·    IPK    :
“ IPK u/ nim 30109102 adalah 3.82”

·    IPS    :
“ IPS u/ nim 30109102 adalah : sem1 3.82, sem2 : 4.0, sem3: 3.5,…”

Proses authentikasi diperlukan oleh sms request, mengingat data yang diakses adalah pribadi. Sehingga model authentikasi yang dibuat adalah authentikasi melalui nomor pengirim sms, nomor yang terauthentikasi adalah nomor dari mahasiswa atau orang tua dari mahasiwa yang bersangkutan dan sudah terdaftar didatabase server Politeknik Telkom. Hal ini tentu saja mempunyai batasan bahwa nomor yang terdaftar sudah dipastikan valid terlebih dahulu.

















Kesimpulan dan Saran


SMS Gateway didesain terlebih dahulu dengan membuat model data yang akan di gunakan untuk proses sms brodacst dan sms request. Model data yang diperkirakan penting adalah absensi, her registrasi dan nilai. Fitur sms broadcast ada yang diintegrasikan dengan proses di aplikasi akademik yaitu her registrasi, dan ada juga yang berdiri sendiri dengan rancangan antar muka yang sudah didefinisikan. Untuk sms request, atuthentikasi yang digunakan adalah nomor mahasiswa dan orang tua yang sudah terdaftar di basis data server Politeknik Telkom. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri yaitu format request sms jadi lebih singkat, tidak perlu mencantumkan nim dan password pada sms request yang akan di kirimkan.  



































Daftar Pustaka

[1]   Alamsjah, Firdaus; Ramadani, Dax; Using Six Sigma to Improve Business.  

[2]  Fikri, Azkal. Aplikasi short message service (sms) gateway untuk layanan informasi
        Registrasi administrasi mahasiswa. Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia.

[3]   Data Sisfo Politeknik Telkom.

[4]   MySQL Reference Manual

[5] openjurnal.politekniktelkom.ac.id

[6] http://hightech- generation.blogspot.com/2012/11/kumpulan-jurnal-skripsi-teknik.html





No comments :

Post a Comment