INSOMNIA DAN CARA MENGATASINYA



INSOMNIA DAN CARA MENGATASINYA

Apa sih itu insomnia? biasanya penyakit ini melanda mahasiswa dan pelajar ketika memasuiki musim liburan. Insomnia adalah keadaan dimana seseorang dimana tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup. Keluhan dari penderita imsonia adalah mreka tidak dapat memejamkan mata atau mengistirahatkan pikirannya walaupun hanya untuk sejenak. Ada banyak alasan seseorang menderita imsonia mulai dari kegelisahan hingga ke bipolar disorder. Namun terkadang tidak ada penyebab nyata dan hanya dapat terjadi karena suatu alasan, tapi terlalu banyak kegiatan fisik dan rasa sakit juga dapat membuat seseorang untuk sulit tidur di malam hari.Mencari penyebab dari imsonia merupakan kunci untuk mencari obat untuk masalah ini. ternyata tidak makan juga memberikan efek negatif berupa sulit tidur pada seseorang. Imsonia ada 3 jenis, yaitu: imsonia sementara (bisa terjadi dimana saja dari satu malam hingga beberapa hari dan biasa melanda dikalangan mahasiswa dan pelajar ketika memasuki musim lbiur), imsonia akut (sulit tidur dalam jangka waktu satu minggu untuk 3-6 bulan), dan imsonia kronis (dimana si penderita mengalami kesulitan tidur setiap malam selama satu bulan atau bahkan lebih). Banyak cara untuk mengatasi insomnia tersebut diantaranya adalah sebagagi berikut :

  • Melakukan olahraga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu orang yang sedang mengalami masalah dengan tidurnya. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan pada beberapa menit sebelum tidur. Dengan berolahraga, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  • Menghindari makan dan minum yang banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan seringnya ke belakang untuk buang air kecil. Keadaan ini akan sangat menganggu tidur anda.
  • Tidur dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulkan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena hal itu dapat membuat anda cemas karena belum bisa tidur sementara jarum jam menunjukkan kian larut dan pada akhirnya anda semakin susah tidur.
  • Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga, seperti teh, kopi, alkohol, atau rokok. Minuman ini dapat menyebabkan anda tetap terjaga sepanjang malam.
  • Makan makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia tembahkan dengan segelas susu hangat.
  • Mandi atau berendam dengan air hangat 30 menit atau se-jam sebelum tidur. Air hangat akan memberikan efek sedasi atau merangsang tidur.
  • Berhenti menonton TV, membaca buku, setidaknya se-jam sebelum tidur.
  • Menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  • Menjernihkan pikiran. Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran. 
  • Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya.
mungkin berbagai tips diatas dapat membantu anda agar sembuh dari insomnia. 
keep sehat keep ngeblog !!!



No comments :

Post a Comment